Sabtu, 24 Oktober 2009

BERMAIN SAMBIL BELAJAR BAHASA INGGRIS

TRIK DAN TEHNIK BERMAIN SAMBIL BELAJAR

Beberapa permainan untuk siswa TK dan masa awal-awal SD perlu diterapkan. Anak-anak akan lebih mudah belajar bila dirinya tenang dan fun. Dengan kondisi hati yang senang dan fun, maka apapun yang diajarkan akan bisa diterima dengan baik.

Berikut beberapa permainan yang akan sangat membantu proses pembelajaran

____________________________

____________________________

PERMAINAN SEMBUNYI BARANG

Tujuan permainan ini ialah untuk memperkenalkan kepada anak ketrampilan untuk bertanya 'Where', mengungkapkan 'I don't know', memakai kata 'on', 'in', under, behind, dan sebagainya.

Cara bermain : Anak bersama-sama membuat lingkaran. Salah satu anak membiarkan barang miliknya disembunyikan oleh kawan-kawannya. Setelah itu, si pemilik barang bertanya kepada kawan-kawanya tentang dimana barang miliknya berada dengan menggunakan 'Where is my ...........'. Para siswa ada yang menjawab 'I don't know", dan akhirnya anak yang menyembunyikan barang akan mengatakan dimana barang tersebut disembunyikan.

Manfaat bagi peserta didik

  • Akan mengerti penggunaan "Where".

  • Akan bisa menjawab pertanyaan dan menerangkan lokasi benda.

_____________________________

_____________________________

PERMAINAN KARTU

Tujuan permainan ini ialah untuk meningkatkan kosakata siswa-siswi. Ada beberapa macam kartu yang bisa dimainkan, antara lain kartu kata kerja (Verb), kartu kata benda (Noun), kartu kata sifat, dan lain-lain.

Cara bermain :

Satu group bisa terdiri dari 1-2 anak. Sekali permainan bisa terdiri dari 2-4 group. Kartu terdiri dari kata-kata berbahasa Inggris dan bahasa Indonesia, dan ada gambar-gambar yang sesuai dengan arti tiap kata.

Kartu dikocok lalu dibagikan ke tiap group. Satu group bisa menerima sampai 10 set kartu. Lalu diatur siapa yang memulai. Masing-masing group meletakkan satua buah kartu secara bergiliran. Group yang lain mengawasi apakah dari kartu yang dibuang salah satu group, dia mempunyai pasangannya atau tidak. Bila mempunyai pasangannya maka kartu tersebut akan menjadi skor. Begitu seterusnya sampai kartu-kartu habis. Setelah itu, para siswa diminta menghitung berapa kartu yang mereka dapatkan.

Setelah mengetahui skor dari tiap group, maka para siswa diminta menghapalkan kata-kata dari kartu-kartu yang dia dapatkan. Hasil hafalan para siswa akan menambah skor terdahulu. Semakin banyak yang dihafal maka semakin tinggi skor group yang bersangkutan.

____________________________

____________________________

PERMAINAN KARTU UNTUK MENERANGKAN "A" ATAU "AN"


Manfaat :
Untuk belajar siswa menerapkan pemakaian "a" atau "an" seperti : a cat, an eraser, a duck, atau an ant.

Perlengkapan :
Pengajar memiliki beberapa set kartu. Tiap set kartu terdiri dari : 1)kartu yang bertuliskan "a" atau "an" dan 2) kartu yang bergambar benda seperti carrot, sour sop, egg, duck, apple, banana, dan lain-lain. Jumlah kartu harus sama, misalnya nama-nama benda yang diawali dengan huruf hidup (diawali a,i,u,e,o) ada 10, maka kartu yang bertuliskan "an" juga harus ada sepuluh, begitu juga dengan kartu yang bertulskan "a" misalnya ada 10 maka juga harus diikuti jumlah kartu dengan gambar-gambar benda/hewan/buah yang berawalan dengan huruf selain a,i,u,e,o, sebanyak 10 buah.
Kartu lalu dijadikan satu. Siswa bermain sepasang-sepasang. Kartu disusun satu per satu dalam keadaan tertutup, lalu siswa secara bergantian membuka sepasang kartu. Bila kartu yang dibukanya terdiri dari kartu bertuliskan "a" dan kartu yang satu bergambar "duck" , maka kartu cocok dan boleh disimpan oleh siswa yang bersangkutan, tetapi bila kartu tersebut tidak cocok, maka kartu harus didiamkan dalam keadaan terbuka (tidak boleh disimpan siswa) sampai ada kartu berikutnya yang cocok.

Pemenang ditentukan oleh banyaknya jumlah kartu yang dimiliki.
Saran tambahan : alangkah baik bila siswa yang mendapatkan kartu yang cocok, misalnya "a" dan "duck", maka siswa tersebut membaca dengan suara keras "a duck".

Permainan lainnya bisa dilihat di http://kursus-inggris.blogspot.com/

______________________________

______________________________

Permainan ONE STEP FORWARD (Maju ke depan satu angkah)

Permainan ini sangat menyenangkan karena bisa mengasah ketrampilan siswa berbahasa Inggris dan menciptakan daya berkompetisi dengan yang lainnya.

Adapun pelaksaanaanya sebagai berikut :

1. Minta dua orang anak maju ke depan.

2. Guru mengambil jarak dengan kedua anak tersebut.

3. Mereke berdua berdiri, menghadap ke arah guru.

4. Masing - masing siswa akan mendapat pertanyaan (pertanyaannya bisa bermacam-macam). Bila siswa A mendapat pertanyaan dan dia bisa menjawab dengan benar maka siswa A akan maju satu langkah ke depan. Selanjutnya diikuti hal yang sama terhadap B. Bila A atau B tidak bisa memberikan jawaban yang benar atas pertanyaan, maka yang bersangkutan harus diam di tempat.

5. Setelah dilakukan sebanya beberapa kali, maka siswa yang menang ialah yang tiba terlebih dahulu di garis FINISH.

Manfaat permainan ini :

1. Siswa tidak menyadari bila mereka sedang belajar (belajar sambil bermain).

2. Kemampuan individu siswa benar-benar bisa diketahui.

______________________________

______________________________

Permainan TEBAK JAWABAN

Dalam permainan ini guru meminta 3 (tiga) orang siswa maju ke depan (A, B, dan C). Siswa A misalnya orang yang akan memberi jawaban atas pertanyaan yang akan dilontarkan guru kepadanya. Siswa B dan C bertugas menerka jawaban apa yang akan diberikan oleh A.

Sebagai contoh saat belajar tentang DOES dan cara menjawabnya. Guru menempelkan beberapa jawaban tertulis di atas kertas, pada kertas bertuliskan :

- Kerta pertama : YES, SHE DOES

- Kertas kedua : YES, HE DOES

- Kertas ketiga : NO. SHE DOESN'T

- Kerta keempat : NO, HE DOESN'T

Lalu kertas-kertas tersebut ditempel di dinding. Dua orang (B dan C) berada di dekat dinding. Mereka akan menebak apa yang akan dijawab oleh A atas pertanyaan GURU.

Sebagai contoh : A, B, dan C berdiri di depan. Sebelum berdiri di depan kelas A sudah menuliskan apa-apa yang dia SUKAI dan yang TIDAK DISUKAI lalu menyerahkan daftar tersebut kepada GURU. B dan C berdiri di dinding di dekat 4 tulisan di atas. Guru memberi pertanyaan berdasarkan data dari A. Sebelum A menjawab apa yang dia sukai, B dan C menerka apa yang kira-kira akan menjadi jawaban dari A. Setelah B dan C di tempatnya masing-masing, lalu A memberi tahu jawabannya. B dan C akan mengetahui pilihan siapa yang cocok dengan jawaban A.@

www.kursus-inggris.com

0 komentar:

Posting Komentar